Nasep2

SIlaturahmi Peserta NASEP (National Al-Azhar Students Exchange Program) di Kediaman Gubernur Sumatra Barat

NASEHAT GUBERNUR SUMBAR
PADA PESERTA NASEP

nasep1 nasep2

Bertempat di rumah dinas, peserta National Al Azhar Student Exchange (NASEP) SMP Islam Al Azhar 1 dan SMP Islam Al Azhar 32 diperkenankan bersilaturahmi dengan Gubernur Propinsi Sumatera Barat Prof.Dr.H.Irwan Prayitno, Psi.,M.Sc.
Di gedung bernama “istano” kami menunggu kehadiran beliau, yang sedang dalam perjalanan kembali dari Bukittinggi. Sambil menunggu, kami diajak berbicang-bincang bersama Pejabat Dinas Pendidikan Sumbar dengan topik seputar kegiatan National Al Azhar Student Exchange (NASEP) 2015. Tengah asyik dalam perbincangan, Pa Gubernur masuk ke ruangan dan nimbrung bersama kami. Penampilannya cukup bersahaja, baju setelan gelap dan bersendal kulit, beliau mengucapkan salam dan menyapa.
Seakan tak percaya, terkabul juga keinginan murid-muird SMP Al Azhar agar diterima oleh orang nomor satu di propinsi Sumatera Barat. “ Mau bicara apa nih ?” tanya beliau memecah kesunyian. “Nasehat saja Pa Gub,” ucap kami dengan antusias. Senyum beliau begitu sumringah sesaat diminta untuk memberi nasihat kepada anak anak SMP peserta NASEP.
Beliau mengawali nasehatnya dalam bentuk tanya jawab seputar ibadah keseharian, selintas ringan-ringan saja. Pertanyaan seputar pelaksanaan shalat lima waktu, puasa, dan kewajiban sebagai seorang muslim. Anak-anak SMP Islam Al Azhar 1 dan 32 pun menjawab dengan baik, termasuk diantaranya ketika diminta melafalkan dalil yang menjadi landasan kewajiban berpuasa Ramadhan. Tanya jawab ini semakin membuat peserta NASEP fokus mendengar pembicaraan Pa Gubernur. Lantas beliau bertanya, “ Apakah cukup bila kita beribadah hanya dengan yang wajib-wajib saja ?”
Beliau pun meneruskan sekaligus menjawab sendiri, “Belum,… belum cukup !” Lanjut beliau lagi, “Kita harus menambah ibadah wajib, dengan sunah-sunahnya. Baca Qur’annya,…. Shalat Dhuhanya,… Shalat malamnya,…. Puasa Senin-Kamisnya,…. Karena kedekatan seseorang pada Allah memberi jalan menuju kesuksesan hidup. Allah menjanjikan bahwa orang yang bertakwa akan selalu diberi jalan keluar pada setiap persoalan hidupnya, orang yang bertakwa diberikan kemudahan dalam setiap urusannya”.
Beliau bercerita, “Pada saat saya kuliah dulu, sebagai mahasiswa yang juga aktif di kegiatan kampus, banyak hal yang kalau dipikir rasanya berat sekali. Tapi dengan menjalankan ibadah-ibadah sunah, Allah memberi pertolongan. Alhamdulillah, sekolah bisa selesai, lulus dengan tepat waktu dan hasil yang baik.”
Kata kunci yang beliau sampaikan dalam nasehatnya selama 30 menit kepada peserta NASEP adalah, kedekatan seseorang pada Allah memberi jalan menuju kesuksesan hidup. Untuk itu beliau berpesan agar menambah ibadah wajib dengan ibadah sunah guna mendekatkan diri kepada Allah. Selanjutnya Allah akan menepati janjinya untuk memberi kesuksesan hidup hamba-Nya. Nasehat itu dituturkan beliau dalam bahasa yang sederhana sehingga tepat untuk didengar anak-anak SMP. Semoga beliau selalu sukses dalam menjalankan tugas sebagai Gubernur Sumatera Barat. Amiiin