LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) OSIS SMP ISLAM AL-AZHAR 1 2014-2015

Sebagaimana biasanya di awal pelaksanaan berjalannya program sebuah organisasi, diperlukan suatu software yang sekiranya dapat digunakan untuk menjalankan program-program yang telah ditetapkan dengan pencapaian yang maksimal, diantaranya adalah kepemimpinan. Program kerja OSIS SMP Islam Al Azhar 1 yang penuh dengan tuntutan kinerja yang tinggi, maka diperlukan pemimpin yang profesional. Sehebat apa pun SDM dan fasilitas yang dimiliki sekolah kalau tidak ditunjang oleh pemimpin yang profesional, maka sekolah itu akan kalah dalam persaingan.

Demikian juga halnya dengan OSIS apabila dipimpin oleh orang-orang yang tidak profesional, maka OSIS tidak akan berarti apa-apa. Maju mundurnya kegiatan kesiswaan di sekolah tergantung bagaimana pengurus OSIS bisa mengorganisasi kegiatan itu. Baik buruknya sekolah ditentukan oleh perilaku dan sikap para pengurus OSIS. Oleh karena itu, pengurus OSIS perlu memiliki jiwa, watak, dan sifat-sifat seorang pemimpin.
Jiwa, watak, dan sikap seorang pemimpin tidak bisa terbentuk dengan sendirinya, tetapi harus    melalui proses pelatihan dan pembinaan yang intensif. Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan salah satu wadah pembinaan bagi pengurus OSIS yang tepat. Melalui LDK pengurus OSIS diharapkan dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Oleh karena itu, OSIS SMP Islam Al-Azhar 1 telah mengadakan kegiatan LDK OSIS bagi pengurus periode 2014-2015.

Tujuan kegiatan ini adalah :
1. membekali calon pengurus OSIS dengan dasar-dasar kepemimpinan yang benar
2. melatih calon pengurus OSIS dalam pembuatan proposal, laporan, surat-menyurat, manajemen organisasi, komunikasi yang efektif, dan membangun kerja sama tim
Kegiatan ini telah dilaksanakan pada :
Hari /tanggal   : Jumat – Ahad, 10 s/d 12 Oktober 2014
Tempat               : Dusun Kunjani, Jl. Pahlawan, Rawakalong, Gunung Sindur, Parung, Bogor

Adapun kegiatan LDK yang telah dilaksanakan dalam bentuk:
1. Ceramah, simulasi, dan praktik tentang materi LDK
2. Outbond
3. Tadabur malam, muhasabah, dan tahajud

Kegiatan ini telah diikuti oleh 51 orang yang terdiri atas:
1. Pengurus OSIS periode 2013-2014 sebanyak 9 anak
2. Calon pengurus OSIS periode 2014-2015 sebanyak 31 anak
3. Pimpinan, guru, dan karyawan sebanyak 11 orang

DOKUMENTASI

[image_carousel title=”Galery” images=”190,189,188,187,186,185,184,183″ amount=”2″ nav_align=”shortcode-title” wrap=”circular” link_images=”none”]