Asian-pacific Student Exchange Program 2014

MEMETIK NILAI POSITIF DARI KEGIATAN ASEP 2014
(Sebuah Percikan Hikmah)
Bukhori Mukhtar,MA *

Dalam surat Al Hujurat ayat 13 Allah berfirman :

Artinya : Hai manusia sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa bangsa dan bersuku suku supaya kamu saling kenal mengenal sesungguhnya orang yang paling mulia diantaramu di sisi Allah ialahyang paling bertaqwa. Sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi maha mengenal
(QS Al Hujurat : 13)

Dalam perspektif ilmu asbabnun nuzul setiap ayat yang diawali dengan kalimat يا ايها الناس* pertanda bahwa ayat tersebut termasuk dalam kategori ayat Makiyyah, ayat yang diturunkan sebelum nabi Hijrah walaupun turun di Madinah. Secara implisit ayat ini memerintahkan kepada kita untuk senantiasa melakukan interaksi terhadap siapapun sebagai salah satu fitrah kemanusiaan untuk saling berbagi dan mengenal antar sesama. Dalam konteks kekinian istilah taaruf tidak hanya sebatas mengenal biografi tapi juga mengenal lebih dekat bagaimana karakteristik, budaya, bahasa dan tradisi sesama, sebagai salah satu media agar mengenal Allah lebih dekat. Salah satu program yang dilakukan oleh SMP Islam Al Azhar 1 Jakarta untuk mewujudkan harapan tersebut adalah melalui program Asian-Pasifik Student Exchange Program (ASEP), sebuah program untuk mengembangkan sayap keislaman dan menebar sisi positif dari nuansa islami ke beberapa negara Asia Pasifik.

Program ASEP diikuti oleh beberapa sekolah Al Azhar seperti SMP Islam Al Azhar 1 Jakarta, SMP Islam Al Azhar 9 Kemang Pratama, dan SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan. Di samping sebagai peserta, keberadaan sekolah Islam semisal Al Azhar menjadi media penebar eksistensi keislaman ditengah penduduk muslim minoritas Taiwan yang hanya 5 persen dari jumlah penduduknya. Delegasi dari SMP Islam Al Azhar 1 Jakarta diwakili oleh 15 murid dan 2 guru pembimbing yaitu Drs. Ruli Rusafni, M.Pd (Principal ) dan Bukhori Mukhtar, MA (teacher).
Saat pelepasan yang dilakukan oleh Kepala Sekretariat YPI Al Azhar yang diwakili oleh Drs. H. Taufik Hidayat, MM dan dari Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah YPI Al Azhar diwakili oleh Drs. H. Lutfi Azhari (Kasie kurikulum SMP/SMA) menegaskan kepada peserta untuk senantiasa memegang teguh nilai-nilai keislaman dimanapun berada, diantaranya senantiasa mengerjakan shalat lima waktu dan menggunakan jilbab sebagai identistas keislaman.

Dua hari setelah pelepasan, tepatnya Senin, 22 Desember 2014 delegasi SMP Islam Al Azhar 1 Jakarta take off menuju Taiwan pada jam 24.00 WIB. Perjalanan menuju ke Taiwan ditempuh selama 6 jam, transit terlebih dulu di Bandara Internasional Hongkong, sesudah itu menuju ke Bandara internasional KaohsiungTaiwan. Tepat jam 11.00 waktu setempat kami tiba di bandara Internasional Kaohsiung Taiwan disambut dengan keramahan dan langsung menuju ke sekolah Shi Jia School yang jaraknya dari bandara hanya sekitar 20 menit. Setiba di Shih Jia School kami disambut dengan tradisi Barongsai dengan sambutan yang cukup meriah. Pemandangan yang pertama kami tangkap adalah tingginya kesadaran dari para murid Shih Jia School Taiwan untuk menyambut tamu dengan membawakan tas koper yang kami bawa tanpa komando dari guru. Semakin kami menuju ke dalam sekolah tersebut, semakin banyak hikmah yang luar biasa kami dapatkan. Ada dua tempat yang menjadi media pendewasaan sosial murid dan guru dari program ASEP ini, antara lain :

A. Nilai Positif dari sekolah partner “ Shih Jia School ”
Shih Jia Junior High School terletak di pusat kota Taiwan, disekitarnya terdapat banyak gedung pencakar langit dengan jumlah murid kurang lebih 620 orang dan jumlah guru 80 orang. Fasilitas sekolah yang sangat lengkap antara lain lapangan basket, lapangan atletik, area panahan, ruang fitnes, lapangan volley, futsal dan ruangan kelas yang sangat representatif untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Tidak hanya besar secara fisik, baik gedung atau luasnya areal sekolah, tetapi dari sisi interaksi sosial antara sesama murid dan guru juga interaksi dengan kami sebagai patner dari SMP Islam Al Azhar 1, sangat terbuka dan penuh keakraban. Hal ini semakin menambah rasa syukur kami betapa besar pembelajaran yang kami dapatkan. Berikut beberapa nilai positif atau hikmah yang kami peroleh :
1. Memuliakan Tamu

Pembelajaran pertama yang secara langsung didapatkan peserta ASEP dari SMP Islam Al Azhar 1 Jakarta adalah menyambut tamu dengan sambutan yang hangat, mulai dari masuk ke sekolah sampai dengan jamuan yang disediakan. Senyuman yang menebar dari seluruh warga sekolah menjadi pembelajaran langsung bagi murid kami untuk selalu menyapa dengan keramahan. Dari pembiasaan positif yang dilakukan sehari hari menjadi sebuah budaya yang akhirnya menjadi kebiasaan bagi warga sekolah. Sekilas penulis bertanya dalam hati yang paling dalam ternyata sunnah nabi ada di tempat ini dengan penyambutan dan kepedulian terhadap tamu yang luar biasa, bukankah nabi pernah bersaba
امن با الله و اليوم الاخر فاليكرم ضيفهمن (Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menghormati tamunya).

2. Menjaga Kebersihan tanggung jawab seluruh warga sekolah
Pembelajaran kedua yang kami dapatkan dari Shi Jia Junior High School adalah rasa tanggung jawab dari seluruh warga sekolah terhadap kebersihan. Di sekolah ini tidak ada kantin, tidak ada petugas kebersihan (OB), petugas secuirty hanya satu orang saja walaupun jumlah murid 620 orang. Membangun kesadaran bahwa kebersihan adalah tanggung jawab bersama menjadi pelajaran penting bagi murid murid kami. Sekolah ini ada 3 cleaning time (waktu bersih), pada pagi hari jam pertama, siang hari setelah lunch time, dan sore hari menjelang pulang. Mereka bekerja sama membersihkan sampah dengan terlebih dahulu memilah sampah organik dan non organik, kemudian membawa ke tempat pengolahan sampah yang berada di samping sekolah.
Di samping itu juga ada nap time (tidur sejenak) antara jam 13.00 s.d 14.00 selepas makan siang. Dalam ajaran Islam, Rasulullah selalu tidur satu jam sebelum waktu Zuhur dengan tujuan agar selalu bangun di pertiga malam untuk qiyamullail, sekilas ada sisi islami yang ada pada sekolah ini, dengan budaya tidur siang dan juga menjaga kebersihan sebagaimana sabda nabi SAW :
النظافة من الايمان kebersihan sebagian dari iman)

3. Pendidikan Humanis bagi ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

Pembelajaran yang ketiga adalah kepedulian terhadap murid yang memiliki latar belakang berkebutuhan khusus. Sekolah ini membuka pelayanan anak berkebutuhan yang dibagi dalam 3 kelas. Umumnya mereka terdiri dari anak down syndrome dan low learners. Mereka mendapat hak yang sama dalam belajar, demikian pula dalam beberapa perlakuan, seperti waktu bertugas membersihkan kelas. Prinsip sekolah ini adalah bahwa pendidikan untuk semua. Keadaan khusus ini bukan mereka yang menginginkannya tetapi semua tidak lepas dari skenario Allah, dalam bahasa agama Islam disebut dengan takdir Allah.
Keterlibatan delegasi SMP Islam Al Azhar 1 untuk berbagi dengan mereka adalah dengan belajar bersama yang disambut antusias tinggi oleh para murid ABK. Murid SMP Al Azhar 1 begitu antusias pula belajar bersama menyanyikan lagu-lagu riang dari Indonesia. Pendidikan adalah untuk semua tidak terkecuali bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus, pendidikan humanis ini menjadi pelajaran besar buat kita sejauh mana kepedulian kita terhadap sesama yang secara fisik dan psikis memiliki keterbelakangan.
Kesetaraan dalam kehidupan pernah dicontohkan rasulullah, diantaranya bagaimana rasul memberikan porsi yang sama kepada Abdullah bin Ummi Makhtum (seorang tuna netra) untuk melaksanakan shalat berjamaah, ini bentuk kesetaraan yang rasullah berikan kendati secara fisik Abdullah bin Ummi Makhtum terbatas penglihatannya. Dari sini kita dibukakan mata hati untuk peduli pendidikan kepada siapapun.

4. Makan Bersama di dalam Kelas
Pembelajaran keempat adalah makan siang bersama pada jam 12.00 s.d 13.00. Kebersamaan yang paling mudah dibangun adalah kebersamaan saat makan, karena itu dalam dunia bisnis, salah satu untuk memudahkan hubungan relasi adalah dengan makan bersama. Tradisi makan bersama di kelas menjadi media untuk melenturkan sifat egois antara murid yang satu dengan yang lain. Ali bin Abi Thalib pernah berkata” makan bersama itu membawa keberkahan, dalam catatan sejarah para sahabat selalu makan bersama.

5. Membangun Rasa Persaudaraan dan membangun networking

Pembelajaran kelima adalah memupuk rasa persaudaran lintas negara, khususnya murid –murid SMP Al Azhar 1 dan murid-murid Shih Jia Junior High School. Kedua komunitas ini saling belajar memahami, mengenal lebih dekat tradisi, kultur dan kebiasaan sehari-hari yang tentunya saling melengkapi kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kebaikan yang positif bisa dikembangkan menjadi sebuah tradisi. Jangka panjangnya adalah membangun network yang dibutuhkan bila kelak mereka menjadi pemimpin di negaranya masing-masing.

6. Belajar Memanah (archery).

Pembelajaran ke enam yang kami dapatkan adalah belajar memanah (archery), murid murid di sekolah ini diajarkan olahraga memanah, filosofi memanah adalah membentuk karakter fokus pada diri anak terhadap sasaran yang hendak dituju. Rasullullah memerintahkan kepada kita untuk mengajarkan anak kita berenang dan memanah serta berkuda, adalah gambaran bahwa aktifitas tersebut tidak hanya secara zahiriah melainkan juga harus dipahami secara maknawiyah. Memanah mengajarkan tentang fokus terhadap masa depan, Berenang mengajarkan tentang siap menghadapi gelombang kehidupan dan berkuda mengajarkan tentang keberanian menatap masa depan.

B. Merajut kebersamaan di ASEP Conference
Puncak dari kegiatan ini adalah ASEP Conference yang dilaksanakan pada Senin, 29 Desember 2014 di Kaohsiung Girls Senior High School (SMA khusus perempuan). Sekolah ini adalah SMA favorit yang ada di negeri Taiwan. ASEP Conference diikuti oleh 58 sekolah, terdiri dari 6 Perguruan Tinggi, 46 sekolah tingkat SMA dan 6 sekolah tingkat SMP. Kendati jenjang pendidikan berbeda tetapi semangat para peserta sangat luar biasa. Mereka menampilkan presentasi Collaboration Project bertema Save Our Doll di depan 532 orang peserta dari enam negara yakni Indonesia, Taiwan, Australia, Jepang, Korea dan Thailand.

Panitia penyelenggara memberikan panduan penilaian kepada seluruh kontingen dari enam negara. Penilaian tersebut meliputi, pertama; Relevansi content meliputi topic/theme, organizations, story/plot dan problem description, kedua; Technique meliputi set design, music/sound, camera work, acting, directing, editing, ketiga; Interaction meliputi audience appealing, creativity/new concept, keempat; Overall. Sedangkan kategori juara meliputi 4 hal, kategori Content & Structure, kategori Expression, kategori Multi Media Design dan kategori Teamwork.

Presentasi projek dimulai jam 10.00 waktu setempat, maka presentasi Collaboration Projent sekolah-sekolah Taiwan bersama partner internasionalnya pun dimulai. Delegasi SMP Islam Al Azhar 1 Jakarta mendapatkan urutan terakhir bersama dengan Shih Jia Junior High School, penampilan terakhir ini dimulai tepat jam 15.00 dengan durasi waktu sama dengan yang lainnya, hanya 8 menit. Usai acara tersebut para peserta kembali berkumpul di auditorium Kaohsiung Municipal Girls Senior High School untuk mendapatkan jamuan makan sore dan sekaligus menyaksikan penampilan seni budaya dari masing-masing negara.
SMP Islam Al Azhar 1 mendapatkan urutan kedua penampilan musik tradisional angklung membawakan lagu daerah Sinanggar tulo dan lagu Happy. Paduan music angklung, gitar dan Kahon dari murid SMP Islam Al Azhar 1 mendapat applaus yang meriah dari para penonton. Setelah dua jam kegiatan seni budaya dari masing masing negara ditampilkan, tibalah saat pengumuman penghargaan atas Collaboration Project kepada para peserta ASEP 2014. SMP Islam Al Azhar 1 Jakarta mendapatkan Platinum Award untuk kategori Team Work, oleh karenanya terungkap rasa syukur murid murid SMP Islam Al Azhar 1. Letih, penat dan ketegangan selama ini berubah menjadi kegembiraan sebagai wujud dari sebuah perjalanan panjang mengukir prestasi di negeri Taiwan.

[image_carousel title=”ASEP SMPI Al Azhar 1 di Kaohsiung Taiwan Desember 2014″ images=”305,306,304,303,302″ amount=”5″ nav_align=”no-nav” wrap=”circular” link_images=”none”]